Thursday 8 January 2015

Pengertian dan Kemampuan PHP.


PENGERTIAN PHP :
            PHP merupakan script untuk pemrograman scripe web server side,script yang membuat dokumen HTML secara on the fly,dokumen HTML yang di hasilkan dari  suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang di buat dengan mengunakan editor teks / editor html.
Dengan mengunakan PHP maka maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah . proses update data dapat dilakukan dengan mengunakan aplikasi yang di buat dengan mengunakan script PHP.
PHP/FI merupakan nama awal dari PHP.PHP personal home page,FI adalah form interface.di buat pertama kali oleh Ramus Lerdoff,PHP,awalnya merupakan program CGI yang di khusus kan untuk menerima input dari form yang di tampilkan dalam brouser web.
Software ini di sebarkan dan di lisensikan sebagai perangkat lunak open source .
PHP singkatan dari typer text preprocessor,merupakan bahasa script servere side yang di sisipkan pada HTML.
Berikut adalah contoh umum yang di gunakan untuk menjelaskan tentang PHP sebagai script yang disisipkan (embedded script) dalam dokumen HTML.
===================================================================
<html>
<head>
<title>contoh</title>
</head>
<body>
<?php
Echo “hai ,saya dari script PHP !” ;
?>
</body>
</html>
=====================================================================
Kode/script PHP diapit dengan mengunakan tag awal dan tag akhir yang khusus ,yang memungkinkan pemrogram untuk masuk dan keluar dari mode script PHP.

KEMAMPUAN PHP :
PHP secara dasar dapat mengerjakan semua yang dapat dikerjakan oleh program CGI,seperti mendaatkan data dari form,menghasilkan isi halaman web yang dinamik dan menerima cookies.
Kemampuan (feature)vPHP yang paling diandalkan dan signifikan adalah dukungan pada banyak  data base.membuat halaman web yang mengunakan data dari data base dangan sangat mudah dapat di lakukan ,berikut adalah daftar data base yang di dukung oleh PHP=

  1.    Adabas D 
  2.     Dbase  
  3.     Empress
  4.     Filepro (read only)
  5.    Frontbase
  6.   Hyperwave
  7.   Ibm db2
  8.    Informix
  9.     Ingres
  10.   Interbase 
  11.   Msql
  12.   Direct ms sql
  13.   My sql
  14.   Odbc
  15.   Oracle(oc17 dan oc18)
  16.   Ovrimos
  17.   Postgres sql
  18.   Solid
  19.   Sybase
  20.   Velocis
  21.   Unix dbm
PHP juga mendukung untuk berkomunikasi dengan layanan lain mengunakan protocol IMAP,SNMP,NNTP,POP3,HTTP, dan lainya yang tidak terhitung .pemrogram juga dapat membuka soket jaringan secara mentah dan berinteraksi dengan mengunakan protokol lainya.

0 comments: